Senin, 23 Maret 2015

cimino av shunt banjarmasin

CIMINO / AV SHUNT / AV-FISTULA

AV SHUNT singkatan dari A untuk arteri dan V untuk vena. Sedangkan Shunt artinya hubungan. AV shunt artinya membuat hubungan antara arteri dan vena. Arteri adalah pembuluh darah dari jantung sedangkan vena adalah pembuluh darah menuju jantung. Tujuan dari pembuatan shunt ini adalah agar aliran darah yang masuk ke dalam vena bertambah banyak, atau debit darah  yang masuk ke dalam vena menjadi banyak. Vena yang sudah disambung ke arteri ini  akan dikanulasi untuk dihubungkan ke mesin cuci darah.
.
hubungan antara arteri (merah) dengan vena (biru)

Av shunt ini bisa dikerjakan di lengan bawah, ataupun di dekat dengan lipatan siku. Av shunt yang dilakukan di lengan bawah memiliki nama yang spesifik seperti nama yang pertama kali membuat yaitu brescia-cimino. sehingga av shunt yang dikerjakan di lengan bawah dikenal dengan CIMINO. Sedangkan yang dilakukan di lengan atas dinamakan av shunt cubiti.


 
Setelah sambungan av shunt masak atau matur, yang ditandai dengan melebarnya vena dan aliran darah di dalam vena sudah besar berkisar antara 600 ml/menit. Maka vena siap untuk dikanulasi.


 Operasi AV shunt tidak selalu memberi hasil yang memuaskan atau matur, angka kegagalan menjadi matur dari av shunt menurut literatur berkisar antara 30%-60%. Sehingga ada upaya-upaya yang harus diperhatikan agar av-shunt atau cimino berhasil yaitu menyerahkan operasi ini kepada spesialis bedah konsultan bedah vaskuler (vascular surgeon). Dengan alasan :
1. Dokter bedah vaskuler sangat  dan terbiasa melakukan tindakan operasi ini. dan menguasai tindakan diagnosistik dari hulu ke hilir, dan bisa mengerjakan komplikasi tindakan ini selanjutnya.
2. Dokter bedah vaskuler akan melakukan tindakan USG maping terlebih dahulu. untuk menghindari kesalahan dan kesulitan selama operasi.
3. Dokter bedah vaskuler bisa melakukan berbagai macam modalitas pengobatan baik secara open maupun secara endovaskuler (pendekatan minimal invasiv)

usg maping sebelum operasi cimino atau av shunt
Perawatan av shunt.
AV shunt harus rutin diperiksakan ke dokter bedah vaskuler agar komplikasi yang terjadi dapat diketahui dan dilakukan pengobatan sejak dini.  


Pertanyaan seputar Cimino, AV shunt, dan akses vaskuler untuk wilayah kalimantan bisa ditujukan via SMS atau WA ke dokter wahyu no  087778480886


3 komentar:

  1. Dok saya bima aryo dari banjarmasin
    Saya terkena varises yang dimna muncul tonjolan berkelok pada kaki...Apa tindakan yang harus saya lakukan
    Dan berapa biaya yang saya keluarkan hingga sembuh

    BalasHapus
  2. varises adalah suatu kelaiinan pembuluh darah vena. yang disebabkan oleh gangguan pada katup-katup vena dan kompresi otot pada . Kalau sudah tingkat keparahan varises sudah berat yang ditandai dengan adanya vena yang menonjol dan berkelok-kelok pada kaki. Maka harus dilakukan tindakan operatif. Ada 2 pilihan tindakan operasi. 1. Bedah konvensional dg striping. 2. Laser terapi. Biaya Utk 1 sekitar 15 jt an. Kalau laser sekitar 35 jt an. Di singapura 60 jt an. Hubungi saya di 087778480886. g

    BalasHapus
  3. Dokter saya memiliki masalah varises kecil pd kaki yg katanya msh di stadium 1 atau 2 bgaimna cara mengatasinya agar tidak semakin berkembang dan berapa biayanya lalu bgaimna saya bs menghubungi dokter karna saya kebetulan jg tinggal didaerah banjarmasin...mohon saran dari dokter terimakasih.

    BalasHapus